Kamis, 30 Oktober 2008

HOW SHE MOVE

HOW SHE MOVE



Men gw barusan nonton pilem keren banget judulnya : how she move. Duh keren banget ni film, beda dari film2 musikal dan berbau dance yang bernah gw liat sebelumnya kaya high school musical (rada banci gituh, trus ada bring it on (yang ini kerena dari yang yang pertama tadi, apa lagi yang seri terakhir), trus ada juga film musikal yang judulnya rent (bernuansa drama tapi banyak pesan moralnya) yang bikin beda dari film ini karena…

Lebih nge-bit aja musiknya, dan yang paling penting adalah musik dan tarian ini adalah bagian dari kultur dan budaya orang African amerikan sonoh, secara gw calon antropolog dan akhir2 ini gw lagi terobsesi dengan gejala diaspora atau persebaran dan migrasi suatu suku bangsa dari daerah asal mereka. Nah gw pikir untuk ukuran black people yang ada di amerika sana mereka tidak terlalu lama bermigrasi atau dimigasrikan (korban jual beli budak orang eropah sialan) dari tanah leluhur mereka di benua afrika, yah kurang lebih sama lah rentang waktunya dengan orang-orang tionghoa di indonesia. Tapi untuk ukuran yang seperti itu kenapa atribut asli yang menyertai mereka dari tanah leluhur seperti pakaian, agama dan bahasa (yang paling mudah diliat kayanya) ga keliatan lagi di kehidupa orang2 afrika-amerika. Dimanapun orang tionghoa berada dan berapa lamapun mereka terpisah dari tanah leluhur didataran cina tetap banyak atribut asli yang masih bertahan.

Eeh kok tulisan gw melenceng jadi terlalu ilmiah getuh (maklum lah gw kan emamng cerdas hehehe)balik lagi ke film. Yah lagi2 karena kecintaan terhadap ilmu ini juga yang membuat gw sedikit meihat film ini dari kacamata antropologis, kayanya sisa2 jiwa suku pedalaman afrika yang masih di fase hunter and gather (bahkan belom pastoral) masih dapat dilihat sisa2nya kecintaan orang kuliat hitam pada musik RnB dan tarian jalanan, secara psikologis mungkin juga tarian dan musik ini merupakan mentuk peluapan emosi diri mereka. Trus si bintang utama Ray diceritakan tinggal disebuah pemukiman warga kulit hitam Amerika, asik juga melihat bagaimana komunitas ini berinteraksi, dan sekilas kita kebanyakan melihat bahwa kehidupan orang kulit hitam dekat dengan kekerasan dan stereotipe terhadap mereka kebanyakan negatif. MMhhhh kalo lw liat sejarahnya mereka adalah orang-orang kuat nan tangguh, karena mereka harus tetap survive sebagai budak yang diculik dan dibawa secara paksa dari tanah leluhur mereka di di benua afrika, silakan liat lebih dalam di : http://en.wikipedia.org/wiki/Atlantic_slave_trade.

tapi emang keren banget ni film bikin gw terharu juga karena dia berhasil survive dengan teman2 sepergaulan seperti itu, dan setiap orang punya pilihan masing2 Ray memilih untuk tidak mengikuti jejak kakak perempuannya yang mati karena OD. Musik nya keren banget bikin lw semangat, 8 dari 10 bintang buat film ini.

Tidak ada komentar:

My Visitors

mereka yang berkunjung


View My Stats