Rabu, 06 April 2011

Danau Baru (16 November 2010)

Danau baru adalah RT desa Keliling semulung (RT III). Tapi uniknya Danau Baru terletak terpisah dari pemukiman utama desa Keliling Semulung, jadi mugkin karena itu juga tidak ada orang di desa yang menyebut Danau Baru denga nama RT-nya (apakah RT IV atau V gitu) tapi yah Danau Baru saja

Desa Keliling Semulung memiliki dua dusun dan 5 RT, dusunnya adalah dusun Semulung (di hulu kampung) dan dusun Lubuk Semulung (di sebelah hilir kampung). Danau Baru adalah RT III dari desa Keliling Semuling dan dia termasuk kedalam dusun Lubuk Semulung, Danau Baru terletak terpisah dari pemukiman utama desa Keliling Semulung. Tidak ada orang di desa yang menyebut Danau Baru dengan nama RTIII tapi yah Danau Baru saja. Secara historis sebenarnya Danau Baru adalah desa yang terpisa dari Keliling Semulung, jadi menurut sejarah yg dituturkan orang tua-tua kampung ceritanya begini:


Dahulu di Danau Baru ada satu rumah betang (rumah panjang tradisional Dayak), pada sekitar tahun 60-an pemerintah mennyarankan agar mereka yg dirumah betang Danau Baru agar pindah bergabung bersama desa Keliling Semulung (tempatnya di pusat pemukiman desa Keliling Semulung yang sekarang). Permintaan relokasi oleh pemerintah ini dilakukan mengingat alasan kesehatan dan untuk mempermudah masuknya program2 pemerintah ketika itu pada desa ini (desa Danau Baru). Selain itu katanya tumah betang yg di Danau Baru sering mengalami kebakaran, mungkin ditambah faktor itu mereka semkin mantap untuk pindah ke desa Keliling Semulung dan membuat tinggal di bersama keluarga inti saja (tidak ada rumah betang lagi).


Nah pemukiman baru orang2 desa Danau Baru di desa Keliling Semulung di jadikan satu dusun oleh pengurus desa Keliling Semulung yaitu dusun Lubuk Semulung. Lantas jika semua keluarga sudah pindah ke Keliling Semulung (tepatnya di dusun Lubuk Semulung) mengapa pada masa sekarang masih ada pemukiman di Danau Baru? Di jadikan sebuah RT lagi??...


Iyaaa! Benar sekali, walaupun mereka sudah pinda tapi sebagian besar kebun karet masih ada di Danau Baru dan yang lebih penting lagi adalah keterikatan batin dengan tempat itu. Pindah bukan berarti 'benar2 pindah'... Jadi mereka yg di Lubuk Semulung perlahan-lahan membangun rumah kembali di Danau Baru (tentu bukan Rumah Betang), ada beberapa yg sudah merobohkan rumah mereka yg di Lubuk Semulung dan benar2 permanen di Danau Baru, ada yg rumahnya di Lubuk Semulung dibiarkan kosong saja atau ada juga yg di huni oleh saudara jauh. Yang jelas generasi pertama dan kedua pindahan ke Lubuk semulung banyak yg kembali membangun rumah di Danau Baru. Sekarang ini ada sekitar belasan rumah di RT III atau RT Danau Baru ini. Ketua RTnya pak Simon.


Jadi untuk mengejar beberapa data yg berkaitan dengan sejarah kepemilikan lahan Danau Baru-Keliling Semulung gw memburu data kesana. Sebenarnya gw berangkat sehari sebelumnya bersama pak Martinus tapi cuaca sedang buruk, hujan badai ndak mau mati sia2 tenggalam di Kapuas gw terpaksa nunggu satu bari lagi. Karena udah kemalaman gw engga balik ke rumah pak Jawang lagian Istri pak Martinus maksa2 gw nginap di rumahnya aja dan aroma sup babi bikinan si Ibuk sangat menggoda.


Tanggal 15 November gw nyampe disana bersama Abah, diantarkan sama istrinya pak Martinus. Kebetulan si Ibuk mau cari ikan di sugai dekat Danau Baru. Dari desa ke Danau Baru cuma sekitar 15 menit dengan sampan kecepatan 2 pk. Kami nginap di rumah salah seorang penduduk, namanya pak Singkek. Alasan kami memilih pak Singkek sebagai host dalah karena dia punya warung kelontong dan TV lhaa?? Iya maksudnya dumah pak singkek sering dijadiin tempat ngumpul minum dan nonton tv (ibu2 dan anak2) jadi kan biar lebih gampang aja gitu dapetin berbagai informasi. Selain itu pak Singek juga orangya baik, haha.. Mana ada orang desa yang engga baik sama kami anak2 manis ini :))



Ini sore2 sebelum mandi, di dekat keraba pak Singkek
Rumah salah seorang warga Danau Baru (rumah pak Ikus, ketua RT)
Foto ini juga diambil dari rumah pak Singkek, yang keliatan itu adalah rumah pak Simon (mantan ketua nelayan)

Tidak ada komentar:

My Visitors

mereka yang berkunjung


View My Stats