Kamis, 07 April 2011

Pelangi di tepi sungai (ramdom shoot) 18 November 2010

Diseberang itu ada lebih banyak rumah penduduk lagi tapi karena jauh jadi ga keliatan banget yah
Pelangi sore2

Kalau kehidupan Keliling Semulung berjalan lambat maka kehidupan di Danau Baru terasa beberapa kali lebih lambat lagi. Rumah2 rumah penduduk di Danau Baru di sisi kanan dan kiri sungai, tidak banyak hanya kurang lebih 10 atau 11 rumah saja. Sementara sungai yg memisahkan dua bujur rumah2 ini sangat lebar, bisa dilihat di foto. Pada satu sisi sungai malahan penduduk harus mengandalkan sampan untuk saling berkunjung sebentara di sisi yang satu lagi karena ada darata maka mereka memiliki jalan setapak yg menguhungkan rumah-rumah mereka.


Nah gw tinggal bersama salah seorang warga namanya pak Singkek yang terletak disisi sungai yang tidak ada jalan daratnya, sehingga gw harus bersampan ria kian kemari untuk mengunjungi informan2 gw mhh... itulah nikmatnya jadi antropolog (kadang mau engga mau-engga mau harus dinikmati).


Nah ini diambil dari rumah pak Singkek, gw ngambil foto ini dari halaman depan rumah apungnya. Yang keliatan di foto adalah salah satu keramba beliau dan beberapa buah perahu yag terparkir di dekat dapur. Jadi rumah-rumah pada sisi sungai yang sejajar dengan pak Singkek ini adalah rumah terapung atau rumah panggung dengan tiang-tiang panjang yang ujungnya langsung ditancepin ke dasar Sungai (dibangunnya ketika musim kemarau ketika air sungai surut). Rumah pak Singkek terdiri dari bangunan utama yaitu satu kamar, ruang keluarga dapur dan ruang tamu sekaligus, warung (yang juga sebenarnya tidak berbatas dengan ruang tamu tadi) lalu terpisah dari bangunan terapung ini ada dapur dan gudang. Semua alat2 tangkap, alat2 dapur dan hasil2 kebun disimpan disini (termasuk ikan asin) oohw iya gudang ini juga dijadikan dapur basah. Di belakang dapur ada kandang babi, paj Singkek punya satu ekor babi berbulu putih hitam gede.... Katanya sih bisa lebih gede lagi kalo dikasih makanan yang cocok.



Tidak ada komentar:

My Visitors

mereka yang berkunjung


View My Stats