Senin, 04 April 2011

Manang (sekitar pertengahan November 2011)

Gw seperti kelihangan orientasi aja di Keliling Semulung. Dalam hal kerjaan gw bisa disamain dengan staff tambahan yg perbantukan buat ngebantu (ngeberesin) sedikit ini dan sedikit itu yang kurang dari tim yang sudah ada di desa ini. Tapi sepertinya mereka udah pada bagus kerjaannya dan engga ada kasus kekurangan data pada tim desa Keliling semulung, gw disuruh ketua cluster atau ketua tim semulung buat ngecek beberapa issu didesa, check. Trus disuruh tambahin data tentang perikanan, check. Ya udah akhirnya gw bermain2 dengan beberapa topik yg gw minatin dong. Yaitu adat istiadat dan tradisi.


Seakan-akan ada alarm biologis di tubuh gw selama beberapa hari tinggal bersama keluarga pak Jawang gw selalu bangun tepat jam 9 pagi. Tapi kali ini bangun sedikit lebih pagi, gw mimpi masuk ke perosok ke dalam lumpur.. lumpurnya tiba2 jadi hangat, gw panik dan tambah panik akhirnya kebangun. Dua anak anjing pak Jawang terlihat sangat bernafsu menjilat2 kaki gw, ludah mereka basah dan lengket eeww.. Tapi siapa yg bisa marah pada dua makhluk yg uar biasa imut ini *mata berkaca2*


Kehidupan desa berjalan sangat lambat seperti biasa, jam dindin seakan tidak ada gunanya bagi kami (juga seperti biasa). Ohh bagus hari ini sarapan beras coklat, padinya ditanam ditanah kering dengan tidak menggunakan pupuk kimia apapun (kecuali sedikit pestisida tentunya). Kata orang2 sih beras begini banyak serat, tapi yah apa pengaruhnya.. Kalo selama di desa gw selalu laper hahaha...


Okay great, beras sehat dengan serat tinggi tapi apagunanya kalo engga ada launknya. Di dapur hanya ada sedikit lauk sisa kemaren, seperti biasa bu Jawang engga masak lauk di pagi hari seua orang dirumah ini makan sisa lauk kemaren. Demi alasan menjaga perasaan tuan rumah gw makan dengan lauk apa adanya. Sementara menghayalkan makanan enak2 di rumah bu Agatha :)


Hari ini seperti biasa, karena gw Cuma tenaga pembantu didalam tim jadi tidak ada misi atau agenda khusus. Hanya lihat sana dan lihat sini lalu melengkapi kekurangan beberapa data oleh tim semulung. Jadi hari ini ke Posko utama yaitu rumah pak Anton, pak Anton adalah adik pak Misael (kepala desa Keliling Semulung). Ketika awal sampai di desa ini beberapa bulan lalu semua anggota tim Semulung (dinamain sesuai dengan desa tempat mereka ditempatkan hhehe) tinggal di rumah pak Anton. Oow yah anggota tim ini adalah Abag, Iway dan Mia. Istri pak Anton adalah bu Agatha, orangnya super baik, keibuan dan pinter masak.


Jadi setelah beberapa bulan anggota tim memencar, tidak lagi tinggal disatu rumah (rumah pak Anton) demi demi mendapatkan data2 tertentu yg lebih spesifik. Iway pindak ke rumah pak Malintang, Abah pindah ke rumah pak Martinus, gw yg baru datang di suruh tinggal di rumah paling hulu desa yaitu di rumah pak Jawang (sekretaris desa) dan Mia tetap tinggal bersama keluarga pak Anton. Karena rumah pak Anton masih sering dijadikan tempat ngumpul makanya disebut posko :)

Bu agatha masak cap cai, dan ikan goreng yg lezat :P

Owwh semua orang ternyata lagi ngobrol dan minum kopi di rumah pak Misael (yg letaknya persis di depan rumah pak Anton). Habis minum kopi dan ngobrol bentar gw sama mia ke rumah nya pak Gundul. Pak Gundul adalah manang (dukun) di desa, yaah sebenarnya ada satu orang dukun lagi didesa ini tapi yang satu lagi tampaknya tidak sepopuler pak Gundul. Tadi malam pak Gundul di minta tolong untuk mengadakan upacara 'nanam ayu' oleh salah seorang warga di hilir kampung. Nanam ayu itu adalah upaya mendoakan bayi atau balita agar tumbuh dengan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit (termasuk penyakit ghaib). Si Mia yg lagi nyari2 topik buat skripsi mau jadiin isu 'manang' ini sebagai salah satu pertimbangan. Siang tambah panas menyengat, pak Gundul lagi bikit 'pengayoh' (sebenarnya ini bukan bahasa Dayak Kantu' tapi bahasa Ulu, artinya pendayung perahu).





Ini pak gundulnya, tidak gundul tapi semua orang didesa manggilnya pak gundul :)


Yg ini anaknya pak Gundul, dan yg kecil itu kayaknya cucunya deh (lupa). Kayaknya ga beda jauh ya umurnya bapak dan anak, pak gundul awat muda atau anaknya yg cepat tua. Aah mungkin pak gundul nikah muda kali


Kalo yg ini adalah rumah2an (miniatur) yg menandakan statusnya sebagai manang. 'Pesan' akan rumah ini didapatkan secar ghaib didalam mimpi, setelah itu dia barulah mendapatkan kekuatan bisa menyembuhkan orang-orang.

Tidak ada komentar:

My Visitors

mereka yang berkunjung


View My Stats