Selasa, 06 Mei 2008

Indonesia luar dan indonesia dalam dalam involusi pertanian--- Geertz

Indonesia luar dan indonesia dalam dalam involusi pertanian--- Geertz


Pada dasarnya yang dimaksud oleh Geertz dengan Indonesia dalam dan Indonesia luar adalah pambagian pemakaian dan pemanfaatan lahan berdasarkan proporsi kegunaan dan letak geografis indoensia.

Indonesia dalam disebutkan didalam buku ini adalah daerah Indonesia yang terdiri dari pulau jawa pada umumnya, bali, dan Lombok barat. Geertz mendefenisikan Indonesia dalam sebagai daerah yang ditanamai oleh sawah dengan irigasi yang kompleks dan teratur hamper disepanjang tahun oleh petani. Menurut Geertz pada daerah Indonesia dalam tanaman keras dan tanaman palawija tidak terlalu mendapatkan perhatian. Tingkat pemanfaatan tanah untuk sawah dan irigasi pada daerah Indonesia dalam adalah sebesar 70% dan dilakukan intensif sepanjang tahun.

Hal yang betolak belakang dikatakan Geertz pada Indonesia luar dimana pemanfaatan tanah untuk sawah dengan irigas hanay sekitar 4% saja sepanjang tahun. Tanah diloalokasikan untuk menanam tanaman palawija dan tanaman keras lainnya. Indoensia luar terdiri dari wilayah luar pulau jawa. Tapi Geertz sendiri juga mengakui bahwa hal ini juga dilakukan secara kasar, daerah sekitar danau Toba usaha persawahan dengan system irigasi dilakukan secara intensif.

Tidak ada komentar:

My Visitors

mereka yang berkunjung


View My Stats