Selasa, 13 Mei 2008

masyarakat Bontoramba

Tugas Pengganti Ujian Mid Semester

1.Struktur Sosial

Dapat diketegorikan sebagai batasan dari perilaku yang tyerfokus pada prosedur yang digunakan oleh aktor-aktor sosial dalam dunia yang terstruktur, struktur sosial tidak mempunyai bentuk yang nyata atau kongkrit kecuali yang ada didalam benak pelaku yang memaknai struktur ( atau orang yang memberi arti struktur itu tadi). Ada anggapan bahwa struktur sosial bisa dikaji seolah-olah memiliki atribut-atribut yang formal tanpa mengacu pada agen pelaku. Hal ini telah memberikan pengaruh besar pada pemikiran sosial dan teeori Sosiologi.sampai sekarang pun gagasan ini masih dianggap senagai konsep yang esensial bagi Sosiologi.

Stratifikasi sosial

Secara umum strata sosial dapat dipandang sebagai tingkatan atau pembagian orang dalam bentuk vertikal. Jadi ketika seseorang berbicara mengenai stratifikasi maka yang dibicarakan adalah posisi yang tidak sederajat dari individu didalam masyarakat. Dibeberapa masyarakat modern bembagian dan penggolongan orang dapat dilihat dari jabatan yeng mereka duduki walaupun semua jabatan dan pekerjaan mendapat tempat yang berbeda dan memiliki peranan masing masing masih saja orang-rang berlomba untuk mencapai kedudukan atau prestasi tertentu. Usaha-usaha utuk mencapai status tertentu pada masyarakat modern sangat erat kaitannya dengan pendidikan. Ketika pendidikan seseorang tinggi maka ia akan mendapatkan jabatan yang tinggi di dalam karir dan menduduki tingkat yang berbeda dari orang lain dan hal ini kemudian akan berdampak pada semua gaya hidup dalam keseharian mereka.

Patrom klien

Pola hubungan antara orang yang berkuasa dengan orang yang dikuasai, pola ini akan mencipkan kepatuhan dari orang tidak mempunyai kuasa. Bentuk hubungan seperti ini dapat dilihat dari seorang tuan tanah yang menguasai tanah beserta sejumlah alat-alat poduksi lainnya dan meminta syarat-sayarat tertentu kepada penani pada masyarakat pertanian Eropa jaman abad ke 17.

2. deskripsikan struktur masyarakat desa bontramba dan pola pembagian stratifikasi sosialnya.

Pada keluarga kedudukan ayah adalah sangat dihormato oleh anak-anaknya terutama anak laki-laki, seangkan anak perempuan kepada ibi menrupakan hubungan yang terbuka tepai seorang anak perempuan lebih menjalin hubungan yang dekat dan mesra dengan bibi-bibi dan nenek mereka. Kakak laki-laki dan adik perempuannya merupakan hal yang formal kakak lali-laki harus menujukkan contoh yang baik kepada adik perempuannya dan menjaga mereka agar tidak ternodai oleh laki-laki lain.

Pada desa bontoramba yang kelompok yang dominan menguasai desa adalah kelompok kekerabatan yang paling banyak anggotannya (dihiting dari banyaknya rumah yang mereka miliki 81 rumah) dengan nayaknya jumlah anggota mereka itu juga berarti mereka lebih banyak memiliki aset seperti kerbau, kuda , tanah , ladang dan sawah kerena kedudukan seseorang juga dihitung dari hal-hal tadi. Begitu juga dalam pemilihan ketua desa kelompok kekerabatan yang tyerbanyak merupakan calon tunggal karena sebagian besar pemiluh akan memilih dirinya sebagai ketua desa karena alasan satu kekerabatan. Dan kelompok kekerabatan lainpun tidak berani mencalonkan anggotanya, jika suatu desa meliliki dua kelompik kekerabatan besar dan dan beberpa kelompok kekerabatan kecil maka mereka akan memilih kelompok kekerabatan besar mana yang akan dituruti.

3. kenapa masyarakat Bontoramba dapat diketegorikan sebagai masyarakat yang menganut sistem stratifikasi tinggi?

Alasan secara umum mengapa hal ini terjadi adalah karena alasan pemenuhan kebutuhan ekonomi, kesejehtareaan hidup dan juga merupakan suatu yang bersifat prestise dan pada dasarnya masyarakat Bontoramba adalah tipe orang yang suka bersaing guna mendapatkan suatu tempat tertentu di dalam masyarakat. Dalam keluarga sendiri dua orang laki-laki yang bersaudara akan bersaing untuk dapat tampil sempurna didepan ayah mereka. Terutama laki-laki dari pada perempuan yang lebih didorong untuk menaikkan kedudukannya (sebagai prestise) wanita dianggap sebagai orang yang mengawetkan kedudukan.

Tidak ada komentar:

My Visitors

mereka yang berkunjung


View My Stats