Selasa, 06 Mei 2008

Kuliah??? masa depan ya ga siyyy???

Saat ini gw dah mau masuk semeseter kelima gw di jurusan Antropologi FISIP Universitas Andalas, seperti maahasiswa baru pada umumnya waktu masuk kuliah dulu gw bingung banget menghadapi dunia kehidupan kampus, mulai dari birokrasi yang sangat ribet gw rasain (mungkin secara baru lepas dari SMU kali ya) sampai pada metode dosen mengajar (termasuk perlakuakn dosen pada mahasiswa yang tidak ‘semsra’ guru dan murid seperti waktu SMU).

Sedikit flash back sebelum gw berstatus mahasiswa, waktu jamannya bimbel dulu disaat semua temen gw sibuk baca panduan yang dikasih bimbel tentang prospek kerja dan masa depan yang dijanjikan oleh setiap jurusan (bahkan mereka juga memperkirakan gaji yang akan mereka terima kalo mereka udah lulus) dan juga konsultasi dengan guru pembimbing mengenai masalah karir. Gw malah ga kepikiran sama sekali buat ngelakuin yang seperti itu, yang gw perlu tau saat engsisi fom SPMB adalah apa yang akan gw hadapi(pelajari-red) kalo gw masuk jurusan ini karena pada dasarnya gw orang nya moody banget orang yang gampang bosen dengan sesuatu, nah kan jadi gawat kalo gw sampe bosen kuliah!! jadi yang menjadi motivasi bagi gw untuk masuk antro(Antropologi) adalah mata kuliahnya yang asik untuk dipelajari dan kajian keilmuannya yang menarik minat gw, bukan masa depan yang menjanjikan dengan gaji yang tinggi yang menjadi motivasi. Karena prinsip gw kalo seorang mahasiswa cinta sama ilmu yang dia pelajari otomatis dia akan mudah mendalaminya dan menjadi profesional dalam bidangnya dan lu juga tau kan kalo jaman sekarang ini hanya orang yang profesional di bidangnya yang bakalan sukses, balik lagi kemasalah kesuksesan. Sukses bakalan ngikut aja deh.

Kalo nyokap dan bokap gw hampir sama kaya para orang tua lainnya taunya kuliah cuma akuntansi, teknik ato hukum dan juga seperti kebanyakkan orang lainnya yang menganggap remeh ilmu2 sosial, padahal menurut gw semua ilmu itu ada tempatnya masing2 dan semuanya penting dan perlu untuk kesejahteraan umat manusia. Bahkan ada yang bilang ilmu2 sosial dan humaniora (satra) tidak menghasilkan orang2 produktif dan hanya menambah jumlah pengangguran, mereka salah besar. Gw orangnya yang ga suka dikekang ga memilih salah satu diantara yang tiga itu, gw milih antopologi sebagai masa depan gw.

Sekarang ini selain kuliah gw juga ikut organisai AIESEC,salah satu UKM di kampus gw. Dan ini terasa banget manfaatnya bagi gw, gw percaya berorganisasi adalah salah satu investasi gw untuk masa depan, apalagi sebagai organisasi mahasiswa Internasional AIESEC merupakan suatu wadah untuk mendiscover dan mendevelop potensi membernya dengan dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat dan memberikan dampak yang posotif bagi masyarakat. Mengutip kata rektor gw kalo jadi mahasiswa tu harus kreatif kata beliau juga jangan hanya taunya ruang kuliah, perpustakaan dan kossan aja pergaulan dan pengalaman juga penting, bener juga kan?.

Pesan gw buat calon2 mahsiswa baru, jangan ragu2 lagi folllow your heart aja (kaya lagunya Jewel aja ...) bukannya nasehat dan masukan dari ortu, temen2 dan sodara ga penting tapi yang kuliah lu juga kan bukan mereka. Kalo gw sendiri Alhamdulilah belom bosen kuliah, malah masih pengen lanjut ke S2 ato S3 sekalian hahahaha ... Amien!.

Tidak ada komentar:

My Visitors

mereka yang berkunjung


View My Stats