Selasa, 13 Mei 2008

PRINSIP-PRINSIP TANGGUNG JAWAB PROFESIONALITAS Diadaptasi dari Perkumpulan Antropologi Amerika May 1971

PRINSIP-PRINSIP TANGGUNG JAWAB PROFESIONALITAS

Diadaptasi dari Perkumpulan Antropologi Amerika May 1971

Antropolog bekerja diberbagai belahan dunia dan memiliki hubungan yang dekat dengan orang dan situasi dan yang mereka pelajari. Profesionalisme situasi mereka adalah unik dan kompleks termasuk dengan disiplin ilmu mereka, sponsor, rekan kerja, subjek mereka, pemerintah tempat mereka melakukan penelitian, individu-individu dan kelompok tertentu di negara tempat mereka bekerja. Pada daerah yang memiliki konflik seorang antropolog haris bias menyesuaikan dirinya.

Ini adalah tanggung jawab utama dari antropolog untuk mengantisipasi, merencanakandan bertekad untuk tidak merusak apa yang mereka pelajari. Prinsip-prinsip berikut adalah prinsip yang penting mengenai tanggungjawab antropolog pada etika profesi mereka.

1. Berkaitan dengan apa yang mereka pelajari

Pada sebuah penelitian seorang antropolog memiliki tanggung jawab yang besar kepada objek penelitian pemereka. Antropolog harus melakukan dengan segala tenaga untuk melindungikesejahteraan fisik, sosial, dan psikis dan untuk menghargai privasi.

· Tujuan dari investigasi harus di komunikasikan sebaik mungkin pada informan.

· Informan mempunyai hak untuk membuat dirinya anonym, hak ini harus di hormati. Informasi yang didapat selama pengumpulan datadidokumentasikan dengan kamera, tape rekorder, dan berbagai alat pengumpulan data lainya. Informan bebas menolak apabila mereka ingin, hasil yang didapat harus seimbang dengan hak informan untuk mendapatkan kesejahteraan dan juga privasi.

· Tidak boleh ada eksploitasi terhadap informan secara individual untuk kepentingan pribadi.keadilan harus diberikan kepada informan untuk segala pelayanan yang didapat.

· Sebagai antisipasi, konsekuansi dari penelitian harus di komunikasikan kepada individu-individu dan kelompok-kelompok yang terlibat.

· Semua poin diatas harus dilakukan denagn penuh tanggung jawabpada keanekaragaman sosial dan budaya masyarakat setempat dan selalu konsekuen dengan dengan nilai-nilai keanekaragaman budaya.

2. Tanggung jawab kepada publik

Antropolog juga bertanggung jawab kepada publik (masyarakat umum)dan semua yang menggunakan hasil kerja mereka.

· Tidak boleh memberitahukan temuan rahasia, dan menjaga dari orang lain.

· Tidak hanya bertanggung jawab pada isi penelitian tapi juga harus dapat menjelaskan pendapat pribadi yang terdapat didalam penelitian.

· Sebagai orang yang mengkhususkan profesionalitas mereka untuk mengerti dan mempelajari tentang manusi, antropolog mempunyai tanggung jawabpositif yang besar untuk berbicara didepan umum (baik secara individual atau kolektif) tentang apa yang mereka tau dan apa yang mereka percaya sebagai hasil studi professional mereka tentang hakikat kehidupan manusia.

· Dalam ceramah kepada publik antropolog harus jujur tentang kualifikasi mereka akan keahlian mereka dalam ilmu antropologi.

3. Tanggung jawap kepada disiplin ilmu antropologi

Antropolog mempunya tanggung jawab untuk reputasi baik disiplin mereka

· Antropolog harus tidak memiliki penelitian rahasia atau riset yang hasilnya tidak bias bebas dilaporkan pada masyarakat.

· Antropolog harus mengelola level integritas dan laporan-laporan tidak bolah membahayakan masa depan penelitian. Tanggung jawab dalam melakukan penelitian dengan cara konsisten dengan komitmen untuk jujur, terbuka, dan komunikasi yang jelas dengan sponsor dan konsern dengan kese4jahteran dan privasi informan.

4. Tanggung jawab kepada mahasiswa

Dalam hubungan dengan mahasiswa seorang antropolog harus bersih, adil, dan berkomitmen untuk kesejahteraan mereka dan kemajuan dibidang akadmis. Robert Lekachman menyatakan kejujuran, kualitas yang esensial dari seorang pendidik yang baik.

Selain mengajar jujur antropolog sebagai pengajar mempunyai tanggung jawab secara etika dalam menyeleksi, memberi arahan, konseling mengenai karir, pengawasan akademis, evaluasi. Kompensasi, dan penempatan.

· Memilih mahasiswa dengan tidak mediskriminasi berdasarkan jenis kelamin, ras, suku bangsa, kelas sosial, dan lain-lain.tapi memilih berdasarkan potensi atau kemampuan intelektual mereka.

· Mengingatkan mahasiswa akan etika dalam penelitian

·Mau menerima dan dengan serius merespon keingintahuan dan pendapat mahasiswa dalam segala aspek pekerjaan akademis mereka.

· Secara realistis memberi mahasiswa nasehat mengenai kesempatan dalam karir.

· Secara konsisten mendorong dan mensuport mahasiswa dalam ilmu antropologi

· Adil dalam evaluasi dari hasil kerja mahasiswa, mengkomunikasikan hasil evaluasi dengan serius.

5. Tanggung jawab kepada sponsor

Dalam hubungannya dengan sponsor penelitian, seorang antropolog harus jujur mengenai kualifikasi, kemampuan, dan tujuannya. Tidak boleh ada perjanjian rahasiadengan sponsor mengenai hasil atau laporan penelitian.

6.Tanggung jawab kepada pemerintah sendiri dan pemerintah setempat

Dalam berhubungan dengan pemerintah sendiri dan dengan pemerintah setempat, penelitian antropolog harus jujur dan terbuka khususnya tidak ada penelitian rahasia, laporan rahasia, dan berbagai tindakan harus disetujui. Apabila hal ini telah dimengerti kesalahpahaman akan bisa di hindari.


3 komentar:

Anonim mengatakan...

Good day !.
You re, I guess , perhaps curious to know how one can collect a huge starting capital .
There is no initial capital needed You may commense to get income with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

Its head office is in Panama with structures everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become really rich in short time?
That`s your choice That`s what you desire!

I`m happy and lucky, I began to take up income with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to choose a proper partner utilizes your savings in a right way - that`s AimTrust!.
I make 2G daily, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
It`s easy to start , just click this link http://hivykydyr.virtue.nu/ywyrudi.html
and lucky you`re! Let`s take this option together to get rid of nastiness of the life

Anonim mengatakan...

Hello !.
might , perhaps very interested to know how one can make real money .
There is no need to invest much at first. You may start earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you need
The company represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with affiliates around the world.
Do you want to become an affluent person?
That`s your chance That`s what you really need!

I`m happy and lucky, I began to get income with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to select a correct partner who uses your savings in a right way - that`s it!.
I earn US$2,000 per day, and my first deposit was 1 grand only!
It`s easy to join , just click this link http://yrohoreg.lookseekpages.com/ofegogu.html
and lucky you`re! Let`s take our chance together to feel the smell of real money

Anonim mengatakan...

Good day, sun shines!
There have been times of troubles when I felt unhappy missing knowledge about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright pessimistic person.
I have never thought that there weren't any need in large starting capital.
Now, I feel good, I begin take up real income.
It's all about how to choose a proper partner who uses your funds in a right way - that is incorporate it in real business, parts and divides the profit with me.

You may get interested, if there are such firms? I have to tell the truth, YES, there are. Please be informed of one of them:
http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

My Visitors

mereka yang berkunjung


View My Stats