Minggu, 25 Januari 2009

ga da judul (sok misterius aja gw)

Kamis, 22 Januari 2009


Setelah bikin janji pada malam sebelumnya dengan pak Gunawan Halim sang sekretaris she Lim (perkumpulan keluarga Lim) duh pas nelpon kayanya gw dah dapet firasat kagak enak gitu yah…



Jam 11 janjiannya, aku telat 2 menit. Tapi pak Gunawannya sendiri baru dateng 20 menit kemudian (kata bapak yang disekretariat beliau lagi di bank). Sebelumnya--- waktu gw baru nyampe ada sekitar 5 orang bapak2 yang lagi ngobrol seru, gw yang tadinya duduk disekretariat jadi tertarik karena mereka ternyata lagi ngobrolin masalah kio yang akan diarak besok ini. Beberapa pokok pembicaraan yang gw tangkap dari mereka adalah soal patung mak co po yang sudah mulai rusak, keaslian patung yang ada ditangan mereka sekarang, sejarah patung itu sampai ke mereka dan siapa pemilik patung itu sebelum sampai dirumah perkumpulan keluarga Lim sekrang, trus juga gw dengar mereka berdebat seru tentang hal2 teknis lainnya yang berkaitan dengan kio yang akan diarak: soal hiasan (semacam kain apa gitu), naga, dan berdebat mengenai warna apa yang patut dan pentingnya warna2 tertentu bagi mereka didalam upacara itu.



Ooohhh Good gw marusak semuanya, padahal keadaan alami yang seperti itu harusnya jadi sumber informasi yang paling penting didalam riset ini. Waktu aku ikut nibrung didalam percakapan, mereka langsung berubah…

Emang ternyata paling susaaaaah meneliti manusia yah, ga bisa make metode2 ilmu eksak yang sangat diagung2kan oleh mereka2 itu. Tikus masuk lab diapain juga bakalan nurut. Tapi they are human being gitu lhooo jangankan melakukan berbagai tindakan eksperimental, mendekat dikit aja setting alami kehidupan mereka akan seketika berubah

Jadi gw ikut (mengikutkan diri lebih tepatnya) dalam percakapan mereka, tapi mereka menanggapi dengan sambil lalu. Sama sekali ga tertaik. Okayyy… mungkin gw lebih baik pake wait-and-see-method. Sabaaaaaarrrrr….


Tapi sekedar catatan ada kemiripan watak orang2 tionghoa yang gw amati: Mereka tidak mau sembarangan bicara dan memberikan informasi kalau mereka merasa tidak berkompeten dalam hal2 tertentu. Orang2 tertentulah yang akan memberikan informasi karena mereka memiliki wewenang.


Lalu pak Gun dateng, alih2 diajak gabung dengan segerombolan bapak2 yang ada diluar gw diajak kedalam dan bgobrol berhadap2an sisebuah meja papan berbentuk segi empat didalam gedung. Duuuhh kalu liat mejanya jadi inget meja mahjong di film2 cina deh. Balik lagi ke pak Gun,,,, pembicaraan kaku, banyak terjadi jeda2 panjang disepanjang wawancara, informan sangat tidak kooperatf, gw berusaha sekuat tenaga mencairrkan suasana tapi mungkin mang dasar dia nya aja yang orangnya begitu.


Tapi ya sutra lah bo' menjengkelkan… bener2 bikin gw sebel banget.

Keluar dari gedung perkumpulan keluarga Lim gw ga tau lagi mau ngapain dan mau kemana. Suddenly dapet ide untuk main2 ke toko yang jual perlengkapan sembahyang yang letaknya pas didepan gedung Lim. Celingak celinguk eeeh gw liat berjejer botol2 (tepatnya topless *tidak punya Top heehehe*) manisan, maksud hati ingin sekedar beramah tamah sama yang punya toko nanyain… "waaah ada jual manisan juga yah ci, blabla…" yang ini namanya buah apa…" eh malah ditawari nyicip satu, ga yakin sama rasanya secara mereka item2 dan keriput, sangat tidak menarik hati lah pokoknya. Oooh woow amazing *lebay banget ga sih??* gw jatuh cinta sama manisan ini. Nyicip lagi dan nyicip lagi yang jenisnya beda *secara nama buahnya bahasa Mandarin semua bo' mana inget gw*


Singkat cerita gw beli dua bungkus yang dicampur2 Rp. 10 ribu [lumayan mahal tapi ok lah]. Trus gw minta bantuan si cici buat ngenalin peralatan dan perlengkapan sembahyang orang Tionghua, capek juga ngelilingi toko yang luasnya ga seberapa ini. Dua kali keliling sambil nyatet namanya, trus dua kali juga gw bolak balik buat mengabadikannya dengan kamera gw. Duuh ternyata muka gw yang imut dan tingkah laku gw yang menggemaskan membuat si cici tersentuh hatinya dan memberikan gw segelas air putih. Ooohh nikmatnya air ini *lebih nikmat dari seks dan hampir bikin gw orgasme huahahaha*--- tu kan lebay lagiii. Hentikan!

Jadi sambil minum selesai foto session dengan model2 cantik berbagai perlengkapan sembahyang gw ngobrol dengan cici dan ada cici yang satu lagi *kayanya kakak adek gt mereka* gw menebak kalo dia yang punya toko. Trus ada juga koko yang gw duga adalah suami dari si cici pemilik toko dan juga seorang ibu, orangtua salah satu dari mereka lah. Pas gw baru dateng koko nya lagi sembahyang menarik bagi gw orang yang dari kebudayaan lain melihat cara mereka beribadah.



MMhhh cukuplah buat hari ini.

Tidak ada komentar:

My Visitors

mereka yang berkunjung


View My Stats