Senin, 19 Januari 2009

Selasa 13 Januari 2009

Selasa 13 Januari 2009

Sebenernya gw rada neysel juga kenapa ga ngasi surat izin da pemberitahuan penelitian gw kemaren tapi secara kemaren ada urusan ini dan itu, nyangkut sana dan sini dikampus, trus harus juga balikin buku ke Pustaka Provinsi akhirnya malah pergi makan es Durian ganti nan lamo di pulau karam…

Tapi rasa penyesalan dan udah terpuaskan karena hari ini semuanya berjalan lancar, langkah baik untuk mengawali hubungan baik dengan komunitas keluarga Lie-Kwee :), Duhh dasar walau udah tahun ke empat kuliah kenapa gw masih sedikit deg-degan juga nemuin ni orang (bodoh). Tapi pak Liang orang yang mau gw temuin mang orangnya orangnya rada jutek dan juga kayanya sinis gimana gitu… berjalan anggun memasuki gedung ini (gedung sekretariat perkumpulan keluarga Lie-Kwee) dengan langkah pasti berjalan mantap menuju segerombolan bapak-bapak yang lagi ngobrol sambil ngerokok di meja ditenngah ruangan. Sesaat menyata gue menyapu mereka dengan tatapan anggun seraya berkata,
"pak Liangnya ada pak"
"oh Liang diatas"
"Thanks"
Kata gw sambil berlalu, kemudian melangkah menaiki tangga ke lantai dua…
[ huehehehe hueeeek muntah gw sudah cukup… cukup memang gw berusaha untuk pede tapi sebenarnya ndak lebaaaay kaya begini]

"Permisi, selamat siang pak Liang" awal yang cukup sopan bukan untuk menyapa orang jutek seperti dia…
"Ya." jawabnya singkat
"Saya Prabu, mahasiswa yang Antropologi yang kemaren datang"
"Lalu??"

Haaah, kok "lalu"?, tapi gw cepat menyadarkan diri lagi

"Iya,,, saya sekarang bawa surat penelitian saya pak, terakhir saya kesini kan dimintai surat penelitian"

Sekedar ngasih tau aja yah, si bapak Liang ini sampe 5 kali lho!! Bener sampe lima kali (gw punya bukti rekaman wawancaranya) minta surat penelitian ke gw waktu terakhir gw ke sini. Tapi ndak papa lah jurtru disinilah tantangannya kan?? Kalau semua berjalan mulus dan lancar ga belajar toww…

"kebetuluan sekeretaris satu ada dibawah"
Lalu dia nyelonong kebawah…
Gw yang masih bengong aja di ruangan sekretariat tiba-tiba dipanggil pak Liang yang udah jalan duluan ke bawah.
"Dek-dek ayo sini"

Dan wow this is my big oppurtunity, ada sekitar tujuh orang yang ada di meja itu. Lalu pak Liang memperkenalkan aku dengan salah satu daintara mereka (sekretaris satu) dan pak sek setelah membaca sepintas lalu surat yang diberikan pak Liang kemudian memperkenalkan aku dengan Tuako (ndak tau juga apakan terminologi ini berasal dari bahasa Tionghua [kanton, hakka atau mandarin] atau bahasa minang). Beliau diperkenalkan sebagai tetua dari marga Lie, sambil berkelakar pak sek (bodohnya gw karena ga begitu pak attention sama nama2 orang ini jadi untuk selanjutnya tetep terpaksa panggil dengan pak sek deh) bilang kalau tuako ini sepeti datuak lah bagi kami.
"Jadi Tuako ko lah samo batuak datuak lah dek kami, atek pulo dari datuak ndak ko"

Dan kemudian kami cair saja dalam suasana akrab, percakapan mengalir perbicaraan lepas dan mengalir… sepanjang obrolan kami sayangnya sang tuako tak berbicara banyak, ga tau kenapa yah. Pikiranku yang pertama adalah karena dia adalah orang yang dituakan jadi mungkin agak jaga wibawa dikit, tapi waktu sekali-sekali ngomong slengekan juga kok. Jelas banget orang-orang disekeliling meja nenperlihatkan rasa hormatnya terhadap tuako. Dapatkah percakapan kami ini di kategorikan sebagai apa yang disebut dalam metode antropologi sebagai FGD?? (damn sorry mr. Erwin I did not give full attention during the class)
Ada satu orang lagi pengurus lagi datang disela pembicaraan mengobrol dikit, tapi gw udah mulai gelisah. Pembicaraan demikian asiknya sehingga gw ndak tau gimana cara meloloskan diri untuk kabur ke HTT, tapi ternyata si bapak yang baru dateng asik juga orangnya. Gw jadi mengurungkan niat untuk ke HTT, besok aja deh ngasih suratnya (sementara ngobrol dengan anggota baru tuako dan pak sek permisi undur diri [sambil ngasih salam ala orang Tionghoa yang mesti gw cari tau artinya]

Waaahh ternyata gw jago juga hehe [terlalu cepat ga sih buat memuji diri sendiri…??]

Akhirnya aku pamit, ke HTT jam 4. Wooww 2 jam lebih lhoo…


Di sepanjang jalan depan HTT rame banget sama orang yang lagi pasang-pasang k=meja dan tenda buat pasar murah nanti malemnya, mmmhhhhm mungkin orang sekretariatnya udah pada pulang ya… pulang juga ahh… besok senin aja ke HTTnya.




Tidak ada komentar:

My Visitors

mereka yang berkunjung


View My Stats